Tujuan dan Manfaat Studi Kelayakan Bisnis

Tujuan dan Manfaat Studi Kelayakan Bisnis - Hallo sahabat Bisnis Terbaru, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tujuan dan Manfaat Studi Kelayakan Bisnis, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kelayakan Bisnis, Artikel Studi Kelayakan Bisnis, Artikel Ulasan Bisnis, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tujuan dan Manfaat Studi Kelayakan Bisnis
link : Tujuan dan Manfaat Studi Kelayakan Bisnis

Baca juga


Tujuan dan Manfaat Studi Kelayakan Bisnis

WiraBisnis.Com - Sebetulnya, apa studi kelayakan bisnis itu? Jadi, studi kelayakan bisnis adalah suatu kegiatan yang mana mempelajari secara mendalam soal suatu usaha atau pun bisnis yang akan dijalankan dalam rangka menentukan layak atau tidaknya suatu usaha dijalankan. Lalu, apakah studi kelayakan bisnis ini memiliki tujuan dan manfaat?

Tujuan Studi Kelayakan Bisnis

Tentu saja, studi kelayakan bisnis ini memiliki tujuan yaitu untuk menghindari risiko kegagalan besaar dari kegiatan yang tak menguntungkan. Studi kelayakan bisnis yang dibuat untuk berbagai pihak, baik itu pihak internal sampai dengan eksternal perusahaan memiliki lima tujuan mendasar.
1. Menghindari risiko kerugian

Tujuan yang pertama ini untuk meminimalkan risiko yang bisa dikendalikan ataupun yang tak bisa dikendalikan. Kondisi masa depan tidak bisa diprediksi, maka perlu sekali untuk melakukan analisis studi kelayakan untuk memperkecil risiko.

2. Memudahkan pengendalian

Jika terjadi penyimpangan, bakal mudah untuk memperbaikinya dan bisa langsung dikendalikan sehingga tidak terlalu jauh jika terjadi penyimpangan.

3. Memudahkan pengawasan

Tujuan studi kelayakan bisnis  ketiga adalah memudahkan pengawasan. Dengan pelaksanaan yang sudah sesuai dengan rencana yang sudah disusun, maka pengawasan dalam proses bisnis ini bakal lebih mudah. Pengawasan dilakukan supaya jalannya usaha tetap di jalur dan juga sesuai dengan apa yang sudah direncanakan.

4. Mempermudah perencanaan

Dengan adanya ramalan masa depan, maka ini akan mempermudah perencanaan. Perencanaan itu sendiri meliputi jumlah modal, lokasi, waktu pelaksanaan, cara pelaksanaan, dan juga besarnya keuntungan dan juga bagaimana pengawasannya jika terjadi penyimpangan.

5. Memudahkan pelaksanaan pekerjaan

Tujuan yang kelima adalah untuk memudahkan pelaksanaan pekerjaan. Perencanaan yang sudah disusun bisa mempermudah penerapannya. Proses bisnis bisa dilakukan dengan tersusun sehingga karyawan-karyawan bisa memiliki pedoman dan juga bisa tetap focus pada tujuannya. Dengan demikian, rencana bisnis bisa tercapai sesuai dengan apa yang direncanakan.

Manfaat Studi Kelayakan Bisnis

Setelah tahu tujuan studi kelayakan bisnis, anda harus tahu bahwa studi kelayakan bisnis ini juga memiliki manfaat. Manfaat dari studi kelayakan bisnis ini dapat dirasakan oleh berbagai macam pihak, khususnya yang berkepentingan pada proyek atau pun usaha yang bakal dijalankan. Hasil penelitin yang dianggap layak mesti bisa dipertanggungjawabkan supaya tidak ada pihak yang merasa dirugikan.
Apakah studi kelayakan adalah tahap pertama untuk memulai bisnis?
Tentu saja tidak. Studi kelayakan bisnis ini adalah tahap akhir sebelum proposal selesai. Tahap paling awal dalam memulai bisnis anda adalah dengan membuat Analisa needs assessment berbagai macam aspek yang bakal memberikan arah pengembangan ide bisnis anda.
Nah, aspek yang mesti ditinjau supaya bisnis dinyatakan layak adalah paling tidak market, manajemen sumber daya manusia serta struktur organisasi, keuangan, dan juga aspek legalitasnya.
Ketika bisnis anda sudah dinilai oleh studi kelayakan bisnis dan mendapatkan label layak, usaha anda masih belum tentu bisa dikatakan pasti sukses. Tahap studi kelayakan lainnya mencerminkan kemungkinan berjalannya proses bisnis yang dijalankan.
Dan kesuksesan bisnis itu juga bergantung pada eksekusinya itu sendiri, mulai dari strategi marketingnya sampai dengan elemen bauran pemasarannya.
Nah, terakhir, pasti anda bertanya, siapa yang berhak untuk melakukan studi kelayakan bisnis ini?
Sebenarnya siapa saja, asal dia memiliki ilmunya. Dan ilmunya termasuk yang menguasai keahlian teknis. Dalam bidang legal ada kebutuhan soal regulasi yang harus ditaati, misalnya. Semoga penjelasan di atas cukup jelas, ya!


Demikianlah Artikel Tujuan dan Manfaat Studi Kelayakan Bisnis

Sekianlah artikel Tujuan dan Manfaat Studi Kelayakan Bisnis kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tujuan dan Manfaat Studi Kelayakan Bisnis dengan alamat link https://www.bisnisterbaru.net/2019/06/tujuan-dan-manfaat-studi-kelayakan.html

0 Response to "Tujuan dan Manfaat Studi Kelayakan Bisnis"

Posting Komentar