Apa Saja Etika Bisnis yang Perlu Anda Tahu?

Apa Saja Etika Bisnis yang Perlu Anda Tahu? - Hallo sahabat Bisnis Terbaru, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Apa Saja Etika Bisnis yang Perlu Anda Tahu?, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Bisnis, Artikel etika bisnis, Artikel Ulasan Bisnis, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Apa Saja Etika Bisnis yang Perlu Anda Tahu?
link : Apa Saja Etika Bisnis yang Perlu Anda Tahu?

Baca juga


Apa Saja Etika Bisnis yang Perlu Anda Tahu?

WiraBisnis.Com - Banyak orang yang berbicara tentang etika bisnis. Namun apa sebenarnya etika bisnis itu? Etika bisnis merupakan segala sesuatu yang ada hubungannya dengan cara melakukan kegiatan bisnis yang mana mencakup seluruh aspek yang masih ada kaitannya dengan personal, perusahaan, ataupun juga masyarakat.

Atau juga bisa diartikan sebagai pengetahuan soal tata cara ideal dalam mengatur dan juga mengelola bisnis dengan memperhatikan moralitas dan norma yang berlaku secara universal, ekonomi maupun sosial.
Dalam merangka menerapkan etika dalam berbisnis, anda harus memperhatikan norma dan juga moralitas yang mana berlaku di dalam masyarakat. Di samping itu etika bisnis juga dapat diterapkan dan juga dimunculkan dalam perusahaan sendiri dikarenakan mempunyai keterkaitan dengan professional bisnis.

Prinsip-Prinsip dalam Etika Bisnis

Perusahaan meyakini prinsip bisnis yang baik adalah yang memperhatikan etika-etika bisnis yang berlaku, seperti misalnya menaati hukum dan juga peraturan yang berlaku.
Secara general, etika bisnis mesti ditempuh perusahaan supaya tercapai tujuan yang sudah ditetapkan. Oleh sebab itu lah etika bisnis mempunyai beberapa prinsip yang dipakai sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan dan juga mencapai tujuan yang dimaksudkan.
Adapun prinsip-prinsip etika bisnis tersebut adalah sebagai berikut:
1. Prinsip Otonomi

Dalam prinsip otonomi ini, perusahaan bebas mempunyai kewenangan yang sesuai dengan bidang yang sudah dikuasa yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan itu. Contoh dari otonomi dalam etika bisnis perusahaan itu misalnya saat mengambil keputusan bisnis. Perusahaan itu bebas mengambil keputusan apa saja yang mana sesuai dengan visi dan misinya.

Dalam menjalankan prinsip otonomi ini, 2 perusahaan atau lebih dapat berkomitmen saat menjalankan etika bisnis ini. Tapi masing-masing perusahaan dimungkinkan untuk bisa mengambil pendekatan yang beda dalam menjalankannya karena masing-masing perusahaan mempunyai kondisi karakter internal dan juga strategi yang beda-beda dalam mencapai tujuannya dan visi misi dari perusahaan itu.

2. Prinsip Kejujuran

Prinsip etika bisnis selanjutnya adalah prinsip kejujuran yang jadi paling dasar untuk mendukung keberhasilan kinerja perusahaan. Jika semua menerapkan prinsip kejujuran, maka kegiatan bisnis akan sukses dan berhasil. 

Namun anda harus menerapkannya dalam diri anda sendiri. Jika anda menjadi pemimpin perusahaan dan sudah menerapkan prinsip ini, tentu anda akan jadi contoh untuk pegawai-pegawai anda.

3. Prinsip Hormat pada diri sendiri

Sebagai pengelola bisnis, sudah semestinya anda berkewajiban memberikan respek pada siapa saja yang memberikan respek pada perusahaan anda juga. Contoh penerapan prinsip etika bisnis ini adalah manajemen perusahaan dengan team work nya mempunyai sistem kerja yang berorientasi pada pelanggan bakal makin fanatic pada perusahaan.

Demikian juga apabila sistem manajemen berorientasi pada pemberian kepuasan pada karyawan yang berprestasi karena sepadan dengan prestasinya, jadi bisa dipastikan pegawai akan semakin loyal pada perusahaan.

4. Prinsip keadilan

Prinsip terakhir adalah prinsip keadilan di mana semua pihak yang terlibat mesti memberikan kontribusi baik itu kontribusi langsung ataupun tidak langsung pada keberhasilan bisnis.

Oleh sebab itu, semua pihak mesti memiliki akses yang positif sesuai dengan peran dan kemampuannya masing-masing. misalnya saat membuat kesepakatan harga konsumen dan juga harga pemasok bahan baku dan alat-alat produksi.

Demikian lah empat prinsip etika bisnis yang perlu anda ketahui saat ingin terjun ke dunia bisnis di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua sehingga tercapailah keberhasilan bisnis anda.


Demikianlah Artikel Apa Saja Etika Bisnis yang Perlu Anda Tahu?

Sekianlah artikel Apa Saja Etika Bisnis yang Perlu Anda Tahu? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Apa Saja Etika Bisnis yang Perlu Anda Tahu? dengan alamat link https://www.bisnisterbaru.net/2019/07/apa-saja-etika-bisnis-yang-perlu-anda.html

0 Response to "Apa Saja Etika Bisnis yang Perlu Anda Tahu?"

Posting Komentar